Selasa, 03 September 2013

Tugas I Ketrampilan Komputer



     
   Ini merupakan tugas pertama saya di Ketrampilan komputer pada hari senin kemarin . Dosen yang mengajar mata kuliah ini adalah Bapak Jauari Akhmad . Sebelumnya saya akan memperkenalkan diri , nama saya Hendra Prasetio , umur 17 tahun , lahir pada tanggal 25 September 1995 , saat ini menempuh jenjang perguruan tinggi di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya , dengan jurusan D4 Teknik Informatika .
        Sehubungan dengan tugas yang telah diberikan yaitu dengan tema “Apa Ketrampilan dasar tentang IT yang anda miliki ” , berikut ini merupakan postingan sesuai tugas tersebut .

Assalamualaikum Wr. Wb.


        Saat ini saya baru menjadi seorang mahasiswa dibidang IT (informatika) , saya masuk di jurusan IT ini bukan karena tuntutan namun karena saya memang menginginkan jurusan ini . saya mulai mengenal komputer sejak kelas 6 SD dan ketika SMK saya masuk di jurusan rekayasa perangkat lunak .
        Saya kira Informatika itu sama dengan rekayasa perangkat lunak , isinya sama mulai dari pemrograman , database , dan software yang digunakan . tetapi informatika merupakan jenjang yang lebih tinggi dan membahas apa yang telah saya pelajari sebelumnya lebih dalam dan luas.
        Ketrampilan dasar yang saya miliki di bidang ini adalah Pemrograman pascal , pemrograman website (HTML & PHP) , Visual basic , Java , C/C++ dan MySQL . semua itu pernah diajarkan ketika saya masih di jenjang Sekolah Menengah Kejuruan .
       
PASCAL
Pascal adalah bahasa Pemrograman pertama yang diajarkan , seperti bahasa pemrograman lain , pascal memiliki tipe data (contoh : Integer, bolean , string , real , char , dll) dan memiliki syntax penulisan kode program . contohnya :
l   Diawali dengan begin dan diakhiri dengan end.
l   Setiap penulisan baris program diakhiri dengan tanda “;
l   Untuk memasukkan data menggunakan write(‘’);
l   Untuk menampilkan data menggunakan writeln(‘’);
l   Untuk membaca data inputan menggunakan read();

WEBSITE
Pemrograman Website dapat menggunakan syntax html ataupun php atau juga bisa keduanya . HTML digunakan untuk membuat website statis sedangkan PHP untuk website dinamis . tapi dalam penggunaan sehari – hari , antara HTML dan PHP sama –sama dibutuhkan .
statis artinya tetap sehingga jika website tersebut tidak diubah / diisi lewat kode program awalnya , kita hanya akan melihat tampilan yang monoton dan tidak akan berubah selama programmernya tidak mengubahnya. Sedangkan dinamis artinya berubah – ubah / selalu bergerak , maksudnya website dinamis adalah website yang isinya dapat berubah jika adminnya memberikan inputan tanpa perlu merubah kode programnya.

Berikut mungkin contoh identic dari HTML dan PHP , untuk HTML :
l   Diawali dengan dan diakhiri dengan

l   Dalam html kita akan mengenal bagian head dan body .
Sedangkan untuk PHP :
l   Diawali dengan dan diakhiri dengan ?>
l   Untuk menuliskan kode html didalamnya kita dapat menggunakan echo””;

Selain HTML dan PHP , ada juga javascript dan css yang akan membantu dalam bagian desain dan tampilan sebuah website.

Visual Basic
        Visual basic merupakan salah satu bahasa pemrograman berbasis GUI yang memudahkan kita untuk membuat aplikasi tatap muka dengan user lebih mudah. Dalam pemakaiannya , user disediakan sebuah form yang bisa diisi dengan button , textbox, label , dll yang ada di bagian toolbox . visual basic juga dapat kita relasikan dengan database (biasanya menggunakan database access).

Java
        Bahasa pemrograman java adalah bahasa pemrograman berorientasi obyek (OOP). Didalam bahasa pemrograman ini kita juga mengenal tipe data , variabel , metode , atribut , class , dll . kelebihan dari program ini adalah kode yang telah dibuat untuk menyusun program lebih mudah digunakan kembali . cukup hanya dengan memanggilnya dalam kode program lain. Aplikasi yang saya gunakan adalah NetBeans IDE 6.0.1

C/C++
        Menurut Wikipedia , C dan C++ memiliki syntax yang sama tetapi memiliki perbedaan . C merupakan bahasa pemrograman prosedural sedangkan C++ sudah berorientasi obyek. Dalam C++ kita juga akan mengenal preprosesor yang gunanya untuk pendeklarasian fungsi untuk menyelesaikan masalah. Contohnya ; #include digunakan untuk menyelesaikan persoalan matematika.

MySQL
        Adalah sistem manajemen basis data (DBMS) yang biasa digunakan sebagai database tingkat penyimpanan kecil - menengah . dalam MySQL juga kita akan mengenal Relationship (Hubungan) yaitu hubungan antar tiap tabel yang masih memiliki keterkaitan. Dalam penggunaannya , MySQL memiliki syntax untuk melakukan perintah – perintah yang dibutuhkan ;

l   SELECT untuk mengambil data dari database dan menampilkannya.
l   DROP untuk menghapus database.
l   CREATE untuk membuat database baru , tabel , dll.
l   UPDATE untuk mengubah data yang telah disimpan.
l   DELETE untuk menghapus data.
l   ALTER untuk merubah / menambah susunan sebuah tabel.
l   JOIN untuk menampilkan data dari dua atau lebih tabel.
l   Dll
Dan juga ada primary key , foreign key , field , dll.


Terima Kasih Telah Membaca Postingan Saya.

0 Comments:

Posting Komentar